05 June 2013

Posted by Unknown in , , , | 2:52 AM
Sekilas SAREKAT

Derawal dari sebuah obrolan warung kopi, para pelaku seni di Cipanas diantaranya Obay (drumer BADAWANG), Poroy (Baraya Anjang-Anjangan), Eko Wiwid (pelaku seni), Try Harta Wibawanto (disainer grafis) dan beberapa teman diskusi dari Bandung, yang bercerita tentang perkembangan seni Musik Karinding di Jawa Barat, diskusi soal Karinding ini mengalir begitu saja di halaman Kantor Pos dan Giro Cipanas. setelah selesai work shop Karinding digelar oleh komunitas Ngawangkong Cianjur Pada Tahun 2011.

Dalam menyikapi perkembangan Seni Musik Karinding yang begitu pesat di kalangan kaum muda di berbagai daerah di Jawa Barat. dimana banyak bermunculan kelompok musik Karinding seperti Di Kota Bandung, Kabupaten Bandung,Kota Cimahi, Sumedang, Tasikmalaya, Garut dan Daerah Lainya. termasuk diCianjur.

hingga lahirlah kelompok musik karinding di Cipanas diantaranya kelompok Kawah dan Sundaland Karinding pada Bulan Januari 2012, Sundaland Karinding di deklarasikan di Situs Gunung Padang, namun dalam perkembangan dan berjalannya waktu, Sundaland Karinding di percaya mengisi pangung satu panggung dengan PAS BAND Bandung dan beberapa Band Lokal Cianjur, dalam event Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Cianjur 2012, setelah turun dari panggung, banyak komunitas karinding yang meminta Sundaland menjadi Induk Komunitas Seni di Cianjur, untuk mengembangkan, gagasan dan kreatifitas nama Sundaland karinding  tidak lagi menjadi kelompok musik karinding, melainkan menjadi nama Komunitas berbagi jenis kesenian dengan nama Sundaland Tandang.

sebagi wadah komunikasi antar komunitas seni di Sekitar Cipanas dan Cianjur.

Namun pada beberapa momentum pentas di beberapa acara, nama Sundaland masih di bawa-bawa "can boga ngaran deui",dengan seringnya ngumpul dan ada beberapa tawaran bermain rupanya nama kelompok itu penting, sebagai identitas dan biar "rada gaya, ameh katinggalina gaul, jiga budak ben", maka pada momentum Cipanas Gemuruh 2013 sambil berlatih, dan berdiskusi di saat membuat Posko Bencana Banjir Bandang Cianjur Utara 2013. Nama SAREKAT.

muncul dan di sepakati bersama dengan kepanjangan "Sada Reka Karinding Rakyat"

Kata SAREKAT, bukan hal yang baru di Indonesia, dimana kata Sarekat menjadi sebuah kata menegasakan bagi kalangan kaum pergerakan dalam menggorganisir dirinya, Kata Sarekat dalam sejarah Indonesia sering di ungkapkan bahkan menjadi kata yang menakutkan bagi para Penjajah Belanda dan Jepang pada waktu itu.

 Seperti kita ketahui Indoensia Mempunyai sejarah SAREKAT ISLAM (SI), dimana seluruh element rakyat Indonesia bergabung menjadi Sarekat Islam. dalam upaya mewujudkan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Berangkat dari kutifan singkat  soal kata SAREKAT diatas.kami bersepakat kata SAREKAT :

SAREKAT berartikan berserikat, bersepakat, berkumpul bersama-sama, satu tujuan dan keinginan.

SADA berartikan Bunyi, REKA berartikan mengolah, KARINDING Alat musik pokok dari kelompok, RAKYAT individu-individu personil kelompok yang berasal dari rakyat dan karinding adalah alat musik Rakyat Tani.

Jadi Kelompok Musik SAREKAT tidak mau terjebak oleh aturan baku dalam bermain musik alias membebaskan personilnya untuk mebangun kreatifitas kolektif yang mengusung alat musik pokok Karinding. SAREKAT Mempunyai personil dari berbagai aliran musik Independent "underground" seperti : Grincord, Hardcord, Deat Metal, Rock N roll dan Punk.

Maka jangan heran jika kelompok SAREKAT Pentas Musiknya mungkin tidak seperti kelompok Musik lainya terlebih lagi tidak seperti musik Pop yang berorietasi pada pasar dan bukan kelompok musik yang bertujuan untuk komersial. SAREKAT bertujuan untuk media komunikasi dari berbagai komunisas musik Underground yang ada di Cipanas.

Pentas SAREKAT:
Ritus Budaya 2012 Situs Gunung Padang
Sumpah Pemuda 2012 Pasir Sarongge _Volunteer Evergreen
Cipanas Gumuruh 2013
Refleksi Hari Bumi 2013
Cianjur Metal Fest 2013

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter